Pages

Paper Craft, Seni Kertas Modern Dari China

Selasa, 20 Maret 2012


Ngomongin soal papercraft sepertinya gak pas kalau belum tau asal mulanya.Papercraft pada dasarnya penembangan dari seni melipat kertas origami.Origami itu sendiri berkembang sudah sejak lama yang berasa dari negeri sakura.

Semua itu berawal dari penemuan kertas oleh bangsa china sekitar tahun 105 masehi.Orang jepang justru dengan cerdas membuat karya seni kertas dalam bentuk rupa 4 dimensi.

Papercraft sendiri masih mengadopsi seni origami ( melipat kertas),hanya saja dalam seni ini,pembuatan modelnya lebih riil dan realistis.Untuk pengerjaannya,tentu saja tak sesederhana origami,dalam hal ini dibutuhkan alat lain seperti cutter,lem,bahkan alat ukur yang presisi.

Papercaft atau kerajina tangan

bagi kita mungkin sudah bukan hal yang baru lagi,di sekolah,papercraft masuk dalam kurikulum seni rupa.Karton biasanya sering menjadi media yang paling umum digunakan.Namun dalam perkembangannya,papercraft mengalami evolusi model paling realistis.Pemandangan,alat transportasi (pesawat,kereta,mobil,)anime,action figure sampai tokoh sering menjadi model untuk digunakan sebagai miniatur dari kertas.

Di indonesia papercraft sudah lama masuk,di tahun 2007 seorang pelajar dari surabaya berhasil membuat miniatur kota dari kertas.Hobi ini juga berkembang dangan munculnya komunitas yang banyak bersosialisasi di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar