Pages

Jenis-jenis kertas dalam origami (Kind of Paper)

Minggu, 18 Maret 2012

Jenis-jenis   kertas  yang dapat digunakan dalam Origami
Model Origami atau hasil karya origami sangat ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan, dalam hal ini adalah kertas. Jenis-jenis kertas yang biasa digunakan dalam membuat model origami adalah :
  • Washi
Yaitu kertas Origami khas dari Jepang yang berkualitas tinggi. Harganya cukup mahal, biasa digunakan untuk model-model origami washi doll.








  • Origami paper
Kertas  dengan bentuk persegi (mempunyai 4 sisi yang sama panjang) merupakan kertas dengan motif atau polos. terbuat dari kertas HVS (copy paper) yang diberi motif menarik. Kertas jenis ini sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis kalau dikatagorikan menurut motifnya, yaitu ada yang 1 sisi, 2 sisi bermotif atau polos.







  • Chiyogami
Kertas Chiyogami ini secara kasat mata motifnya mirip dengan washi, tapi jika kita perhatikan secara seksama kertas chiyogami mempunyai tekstur lebih halus dan lebih cenderung seperti kertas HVS (Copy paper) tapi tetap mempunyai motif yang istimewa kadang ada tambahan emas di motifnya.

 






  • Gold Foil Paper
Kertas emas yang masih jarang ditemukan di indonesia. secara umum di kita ada kertas emas atau perak tapi belum khusus diproduksi sebagai kertas origami, sehingga kita harus memotong sendiri kertas tersebut. selain itu kualitas dari kertasnya masih belum bagus.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar