Pages

Ini Dia PaperTab, Tablet Kertas Elektronik Masa Depan

Senin, 21 Januari 2013


Revolusi tablet sepertinya menemukan arah yang cukup pasti di masa mendatang. Tersebutlah Tablet PaperTab yang menyeruakkan acara pekan pameran CES 2013 yang kini berlangsung di Las Vegas. Ini akan menjadi awal sebuah kertas elektronik memiliki fungsi seprti tablet biasa.

Tablet PaperTab yang dikembangankan di Universitas Queen yang berkolaborasi dengan Plastic Logic dan Lab Intel memiliki bentuk seperti kertas, apalagi dengan layar fleksibel dengan resolusi tinggi, tablet kertas berukuran 10.7 inci ini dilapisi plastik khusus yang dikembangkan oleh Plastic Logic. Tak hanya itu tablet fleksibel ini ditenagai oleh processor Intel Core i5 edisi kedua.

 

Tidak seperti tablet biasa, tablet kertas ini tidak dapat melakukan segala sesuatunya dalam 1 perangkat saja. Hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja dalam satu waktu. Anda akan memerlukan 10 atau lebih paperTab untuk menjalankan aplikasi yang banyak. Tampaknya memang belum praktis, tapi kemungkinan teknologi ini akan terus berkembang dalam 5 sampai 10 tahun mendatang menjadi lebih baik lagi.
“Menggunakan beberapa PaperTabs sekaligus akan menjadi lebih mudah bekerja dengan beberapa dokumen berbeda,” kata Roel Vertegaal, kepala Lab Universitas Queen. “Dalam waktu 5 atau 10 tahun ke depan, kebanyakan komputer, dari ultrabook sampai tablet akan berbentuk seperti ini dalam lembaran kertas.”

Tidak seperti tablet tradisional, PaperTabs mampu melacak lokasi antara PaperTabs satu dan lainnya. Misalkan saja, ketika sebuah PaperTab ditempatkan di luar jarak jangkauannya, ia akan mengubahnya menjadi icon thumbnail dari sebuah dokumen, seperti ikon kecil di komputer desktop. Ketika ikon tersebut Anda sentuh, maka dokumen akan tampil secara fullscreen, seperti ketika Anda membuka jendela di komputer Anda.

Dengan hanya satu sentuhan saja Anda dapat mengirim foto dari satu paperTab ke paperTab lainnya. Foto yang dikirim tersebut akan langsung secara otomatis masuk ke draft email dan menjadi attachment yang siap dikirim, selanjutnya Anda cukup menekuk ujung kanan atas dari paperTab maka email tersebut akan langsung dikirimkan. Begitu pula jika Anda ingin memperbesar layar, Anda cukup meletakkan 2 buah paperTab secara berdampingan dan keduanya seolah akan bergabung menjadi 1 layar.

“Layar fleksibel buatan Plastic Logic memang benar-benar sudah bertransformasi dan lebih interaktif,” kata Indro Mukerjee, CEO Plastic Logic. “Layar ini memungkinkan interaksi manusia secara alamiah seperti berinteraksi dengan kertas, bobotnya yang lebih ringan dan tipis namun lebih kuat dibandingkan dengan layar kaca biasa yang ada saat ini.”

Sumber dari : http://www.beritateknologi.com/ini-dia-papertab-tablet-kertas-elektronik-masa-depan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar